Sebuah terobosan akan dibuat  oleh PPPPTK/VEDC Malang, meskipun masih dalam tahap pembicaraan awal, tetapi konsep dan arah tujuannya sudah jelas dan perlu diacungi jempol. Yaitu, pelaksanaan training  level Internasional.

Menurut Agus Salim, Kepala Departemen Elektro sebagai pencetus ide tersebut mengatakan bahwa rencana training ini diinspirasi oleh keberadaan PPPPTK/VEDC Malang yang sudah memiliki nama di blantika pendidikan nasional. Dengan berbekal pengalaman berpuluh-puluh tahun melakukan pelatihan peningkatan kompetensi bagi guru-guru sekolah kejuruan dan ditunjang dengan pengalaman instruktur baik  dalam maupun luar  negeri, maka PPPPTK/VEDC Malang harus berani menyelenggarakan Diklat tingkat  Internasional.

Pada awal pelaksanaan nanti, jurusan diklat yang menjadi pioner adalah diklat Elektro dan diklat Otomotif, dan diharapkan dalam direalisasikan pada tahun 2009 ini. Dua diklat tersebut cocok dengan keberadaaan dengan PPPPTK/VEDC Malang yang memiliki tupoksi khusus yaitu meningkatkan kompetensi guru-guru bidang Otomotif dan Eleltronika.

Peserta diklat berasal dari negara-negara tetangga, yaitu Malaysia, Singapura, Philipina, Vietnam, Thailand, Myanmar, Kamboja, Laos, Papua Nugini, Timor Leste, dan Arab Saudi, dan juga dari Indonesia sendiri.

Dalam rapat yang diikuti oleh Dr. Bambang Triono (Kabid Proginfo), Idama Tiurria (Kasi Program),  Misriah (Kasubsi Marketing), Suwadi (Staff Training), dan Agus Salim, menyepakati perlu ditindaklanjuti secara serius dan akan dibawa ke Extended Meeting, untuk mematangkan rencana tersebut.

Pada tahun-tahun berikutnya diharapkan akan muncul Diklat-diklat Internasional untuk jenis-jenis diklat yang lainnya juga.

regards,
suwadi